الجمعة، 11 يناير 2013

Cara Menonaktifkan Group Policy Editor Windows 7

Seperti yang Anda ketahui, Group policy editor memberikan Anda kemudahan untuk melakukan pengaturan Windows seperti, mematikan autoplay, membatasi akses program, mencegah user menginstall program dan lain sebagainya. Fitur ini tentu sangat penting bagi Anda yang menggunakan 1 komputer secara bersama-sama user lain. Agar pengaturan ini tidak bisa diakses oleh sembarang user, maka kali ini saya ingin membagi tips cara menonaktifkan Group Policy Editor yang biasany bisa diakses dengan mengetik perintah gpedit.msc pada Run. Tips ini hanya bisa Anda gunakan pada Windows 7.
Untuk menonaktifkan Group Policy Editor, Anda harus melakukan sedikit perubahan pada registry Windows. Tepatnya menambahkan 1 key dan 1 value pada registry. Berikut langkah-langkah men-disable Group Policy Editor Windows:
  1. Pertama buka Registry Editor dengan mengklik Start » Run atau tekan tombol Windows + R secara bersamaan. Pada kotak dialog Run yang muncul ketik “regedit” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter.
  2. Pada jendela Registry Editor, buka path HKEY_CURRENT_USER\Software\Policies\Microsoft. Pada path tersebut, temukan key yang bernama MMC.
  3. Key MMC
    Klik gambar untuk memperbesar
  4. Apabila key MMC tersebut belum ada maka Anda harus membuatnya. Caranya, klik kanan pada key Microsoft tadi, pilih New » Key. Kemudian berikan nama MMC pada key baru tersebut.
  5. Buat Key Baru pada Registry
    Klik gambar untuk memperbesar
  6. Setelah key MMC dibuat, pilih key tersebut. Kemudian buat value baru pada key tersebut dengan melakukan klik kanan pada sisi jendela sebelah kanan dan pilih New » DWORD (32-bit) value. Selanjutnya berikan nama RestrictToPermittedSnapins pada value baru tersebut.
  7. Buat DWord Value baru
    Klik gambar untuk memperbesar
  8. Setelelah value RestrictToPermittedSnapins terbuat, double klik (klik dua kali) value tersebut untuk mengubah datanya.
  9. Pada jendela Edit DWORD (32-bit) Value yang muncul, ubah value datanya menjadi 1 (satu) dan pastikan base yang terpilih Hexadecimal. Klik OK untuk menyimpan perubahan
  10. Edit Value
Semuanya telah selesai sampai disini dan kini Anda bisa menutup jendela registry editor. Selanjutnya coba buka Group Policy Editor dengan mengklik Start » Run. Ketik “gpedit.msc” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter. Jika Anda melakukan semua langkah di atas dengan tepat, maka akan muncul sebuah pesan Error dan Group Policy Editor akan terbuka tapi dengan tampilan yang kosong.
Error - Group Policy Editor Nonaktif
PENTING!
Sebelum melakukan perubahan pada registry, saya sarankan Anda melakukan backup terlebih dahulu pada registry key yang akan diubah yaitu key Microsoft pada langkah ke-2 diatas. Caranya telah saya posting pada artikel cara backup registry key.
Sekian cara menonaktifkan Group Policy Editor atau Gpedit di Windows 7. Semoga membantu dan selamat mencoba.

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق