Industri game memang belum memperlihatkan gairah
yang menggebu-gebu di awal tahun 2013 ini. Sebagian besar developer dan
publisher masih menahan diri untuk merilis game-game andalan mereka di
bulan pertama di tahun yang baru ini, tentu saja untuk menunggu gamer
menyelesaikan terlebih dahulu game yang mereka dapatkan di libur panjang
akhir tahun yang lalu. Melewati tahun 2012 yang manis, tahun 2013
memang menawarkan segudang potensi yang tidak kalah menarik untuk
diikuti. Tidak hanya konfirmasi kemunculan beberapa nama besar, industri game
tentu saja masih menyimpan segudang kejutan yang memang pantas untuk
diantisipasi. Namun dari beberapa informasi dan tren yang berkembang di
tahun 2012, ada beberapa hal menarik yang dapat diprediksikan di tahun
2013. Sebuah tren yang mulai terlihat jelas, tidak hanya dari jajaran
game yang akan hadir, namun beragam rumor yang sudah lama berkembang.
Setelah sempat membahas berbagai game yang pantas untuk diantisipasi
tahun ini, tren-tren apa saja yang akan menghiasi industri ini selama
362 hari ke depan? Inilah beberapa tren dan prediksi yang menurut kami
pribadi, akan menjadi pondasi hidupnya industri game selama tahun 2013 ini.
1. Popularitas Busur dan Panah
Salah satu tren yang dapat terlihat dengan jelas sejak akhir tahun
2012 hingga mungkin, sepanjang tahun 2013 mendatang adalah munculnya
panah dan busur sebagai senjata “eksotis” yang tidak boleh terlewatkan.
Busur dan panah diposisikan sebagai senjata efektif yang mampu membunuh
sebagian besar musuh dengan satu langkah, sekaligus menjadikan
keheningannya sebagai faktor stealth yang krusial. Far Cry 3 dan
Battlefield: Aftermath sudah menyertakannya dan beberapa game seperti:
Tomb Raider dan Crysis 3 juga akan mengusungnya. Busur dan panah
tampaknya akan menjadi primadona baru industri game di tahun 2013 ini.
2. Bangkitnya Kembali Survival-Horror
Survival-horror boleh terbilang sebagai salah satu genre yang kian
ditinggalkan, bahkan oleh sebagian besar franchise yang berhasil meraih
popularitas darinya. Namun kesuksesan mekanisme gameplay sederhana yang
ditawarkan oleh Slenderman di tahun 2012 silam seolah menjadi indikator
yang valid bahwa genre ini masih memiliki peminat yang tidak sedikit.
Tidak lantas terjerumus di sisi action, gamer hanya akan dibekali dengan
kemampuan dan senjata yang terbatas untuk bertahan hidup, atau bahkan
dituntut untuk hanya berlari, menghindar, dan bersembunyi. Kembalinya
survival-horror sebagai genre populer tampaknya akan kian menguat di
tahun 2013 ini.
3. Sistem Freemium
Free to play adalah masa depan industri game, tidak sedikit publisher
yang mengakui konsep ini. Free to play tidak hanya memberikan
kesempatan untuk menciptakan pasar konsumen yang lebih luas, tetapi juga
menutup celah kerugian yang selama ini dipermasalhkan dari proses
pembajakan. Untuk itu, sistem freemium yang menawarkan opsi pembelian
beragam item, equipment, hingga karakter, baik untuk kepentingan
gameplay atau sekedar kosmetik, menjadi format yang dianggap paling
masuk akal. Beberapa game MMO yang dirilis ke pasaran di tahun 2012
silam sudah menerapkan hal ini, dan tidak tertutup kemungkinan tetap
akan menjadi konsep yang tetap dipertahankan hingga tahun 2013 ini.
Beberapa game MMO yang sudah lama dipersiapkan akan ditawarkan dengan
sistem freemium. Salah satu yang pantas untuk diantisipasi? Tentu saja
kehadiran game MOBA racikan Valve yang kini semakin diminati – DOTA 2.
4. Pembicaraan Tentang Konsol Generasi Selanjutnya
Konfirmasi tentang kehadiran konsol generasi terbaru memang masih
menjadi misteri, walaupun terlepas dari beragam rumor hangat yang terus
berkembang mengitarinya. Walaupun demikian, fakta umur Playstation 3 dan
XBOX 360 yang sudah uzur dan kian mendekati akhir hidupnya memang tidak
terbantahkan. Sebagian besar rumor yang sempat berkembang meyakini
bahwa 2013 akan menjadi tahun bagi dua produsen besar – Microsoft dan
Sony untuk memperkenalkan konsol-konsol terbaru ini. Tidak akan
mengherankan jika tahun 2013 akan dipenuhi dengan beragam berita dan
rumor yang akan terus menyoroti hadirnya kekuatan baru di industri game
ini. Bagian terbaiknya? Ada kemungkinan besar kita akan menyaksikan
secara langsung kelahiran konsol generasi terbaru ini dan tidak lagi
sekedar rumor belaka.
5. The Rise of Mobile Gaming!
Kemampuan sebagian besar smartphone dan tablet saat ini memang sudah
cukup untuk menghasilkan kualitas mobile video gaming yang pantas untuk
diacungi jempol, bahkan untuk menciptakan visualisasi mendekati konsol
yang mungkin belum pernah kita lihat sebelumnya. Dengan peningkatan
kemampuan di tahun 2013 dengan dirilisnya beberapa chipset baru yang
lebih bertenaga tentu saja akan memperkuat popularitas mobile gaming.
Perlahan namun pasti, ia tidak lagi hanya ditujukan untuk para gamer
casual, tetapi juga gamer-gamer yang membutuhkan game-game “serius” yang
menantang. Beragam port game-game ternama masa lalu dari beberapa
publisher akan terus terjadi, bahkan tidak tertutup kemungkinan,
memunculkan beberapa judul eksklusif yang tidak kalah kualitasnya.
Kehadiran konsol rumahan murah bebasiskan Android seperti Ouya juga akan
memperkuat tren ini.
6. Semakin Banyak Adaptasi “Game to Movie”
Untuk menjaring pangsa pasar yang jauh lebih luas, tidak sedikit
publisher saat ini yang mulai menjajal industri game Hollywood untuk
“menghidupkan” kembali franchise-franchise raksasa mereka dalam bentuk
yang berbeda. Ubisoft mungkin menjadi yang paling gencar melakukan hal
ini dengan proses adaptasi Splinter Cell, Assassin’s Creed, Watch Dogs,
dan Splinter Cell. Namun tidak sedikit publisher lain yang juga mengejar
hal yang sama, seperti EA yang sudah mengumumkan versi film untuk Need
for Speed dan Mass Effect. Sony juga dikabarkan tengah berusaha
menggarap adaptasi untuk God of War. Walaupun tidak semua film ini akan
dirilis pada tahun 2013 ini, namun beragam rumor dan informasi progress
terkait proses-proses adaptasi “Game to Movie” ini akan terdengar lebih
gencar di tahun 2013 ini.
7. Remote Play
Nintendo Wii U boleh terbilang sebagai penggerak utama dan
implementasi remote play yang selama ini didengungkan oleh banyak
produsen. Kesempatan untuk menjadikan Wii U Pad tidak hanya untuk
mengakses beragam informasi ekstra secara real-time untuk game-game yang
sedang dimainkan, tetapi juga menjadikanya sebagai media untuk
memainkan game-game Wii U tentu saja menginspirasi para kompetitor.
Tidak akan mengherankan jika Sony akan mulai berbenah diri dan
menjadikan kemampuan remote play antara PS Vita X Playstation 3 sebagai
nilai jual utama di tahun 2013 ini sembari menyambut kehadiran
Playstation 4 yang mungkin akan diumumkan pada akhir tahun nanti.
Sementara kehadiran Windows 8 dari Microsoft juga menciptakan potensi
yang tidak kalah besarnya. XBOX Smart Glass hanyalah awal dari apa yang
bisa diimplementasikan di masa depan.
8. Fokus di Plot dan Pendekatan Sinematik
Jika di masa lalu, kemampuan interaktif ditonjolkan menjadi
satu-satunya kekuatan industri game, kini perkembangan teknologi
memungkinkan para aktor di belakang untuk menjajal hal yang berbeda.
Tidak lagi hanya sekedar menjual sisi gameplay, para produsen kini juga
mengejar keistimewaan plot yang diusung dan pendekatan sinematik untuk
menciptakan pengalaman Hollywood yang lebih kental. Dramatisasi tidak
hanya datang dari sekedar tembakan dan ledakan, tetapi juga lewat
permainan cerita yang mampu menggugah emosi para pemain. Permainan
kamera dan animasi pergerakan karakter yang didesain lebih “hidup”
dijadikan sebagai pondasi untuk menciptakan pengalaman gaming yang lebih
sempurna ini. Kebuntuan di sisi genre yang mulai minim opsi dan inovasi
juga menjadi alasan di balik pilihan ini.
9. Persaingan Engine Next-Gen
Selama beberapa tahun terakhir ini, industri game memang boleh
dikatakan, berhasil menciptakan game-game dengan visualisasi luar biasa
yang pantas untuk diacungi jempol. Sebuah tren yang justru akan semakin
gencar dengan semakin mendekatnya akhir usia konsol generasi saat ini.
Beberapa developer engine memang sudah mengkonfirmasikan engine generasi
terbaru mereka – Konami dengan Fox Engine, Square Enix dengan Luminous
Engine, dan Epic dengan Unreal 4. Sementara developer seperti DICE
mengumbar performa engine Frostbite 2.0 nya yang diakui belum
dimanfaatkan secara maksimal. Dalam beberapa bulan ke depan, apalagi
jika konsol generasi terbaru benar-benar dirilis, maka kita akan melihat
pertarungan dan persaingan panas untuk menentukan engine next-gen apa
yang pantas untuk diperhatikan. Tidak hanya engine-engine yang sudah
diumumkan, tetapi juga para developer yang saat ini masih
“merahasiakan”nya.
10. More Love for the Indies!
Walaupun banyak game-game berkualitas tinggi yang akan meluncur dari
para developer dan produsen raksasa tahun ini, namun 2013 tampaknya
masih akan menjadi tahun yang manis bagi para developer indie. Dengan
kesuksesan beberapa proyek Kickstarter tahun lalu dan support dari
komunitas yang terus menjadikan indie sebagai alternatif pilihan yang
tidak dapat disangkal, tahun 2013 tampaknya masih akan menawarkan
game-game indie yang tidak bisa dipandang dengan sebelah mata. Indie
justru menjadi katalis terbaik untuk menciptakan ragam game dan genre
yang akan membuat gaming di tahun 2013 kian menarik. Jadi alih-alih
sekedar menantikan kehadiran game-game raksasa dari para publisher yang
sudah terkenal, ada baiknya jika kita mulai memerhatikan game-game indie
apa saja yang akan hadir di tahun 2013 ini. Something that we won’t
regret.
Di atas adalah 10 tren yang kami prediksikan akan mewarnai industri game sepanjang tahun 2013 ini. Sebagai prediksi yang didasarkan pada observasi terhadap beragam fenomena yang baru dimulai ataupun sudah menghangat sejak tahun 2012 kemarin, semua tren di atas bisa saja terealisasi menjadi kenyataan atau justru bergerak menjauh dari kondisi nyata di lapangan selama beberapa bulan ke depan. Bagaimana menurut Anda sendiri? Prediksi apa yang menurut Anda akan terjadi di industri game untuk tahun 2013 ini?. What is your prediction?

10 Ramalan tentang Industri Game di 2013
1. Popularitas Busur dan Panah

Popularitas Busur dan Panah
2. Bangkitnya Kembali Survival-Horror

Bangkitnya Kembali Survival-Horror
3. Sistem Freemium

Sistem Freemium
4. Pembicaraan Tentang Konsol Generasi Selanjutnya

Pembicaraan Tentang Konsol Generasi Selanjutnya
5. The Rise of Mobile Gaming!

The Rise of Mobile Gaming!
6. Semakin Banyak Adaptasi “Game to Movie”

Semakin Banyak Adaptasi “Game to Movie”
7. Remote Play

Remote Play
8. Fokus di Plot dan Pendekatan Sinematik

Fokus di Plot dan Pendekatan Sinematik
9. Persaingan Engine Next-Gen

Persaingan Engine Next-Gen
10. More Love for the Indies!

More Love for the Indies!
Di atas adalah 10 tren yang kami prediksikan akan mewarnai industri game sepanjang tahun 2013 ini. Sebagai prediksi yang didasarkan pada observasi terhadap beragam fenomena yang baru dimulai ataupun sudah menghangat sejak tahun 2012 kemarin, semua tren di atas bisa saja terealisasi menjadi kenyataan atau justru bergerak menjauh dari kondisi nyata di lapangan selama beberapa bulan ke depan. Bagaimana menurut Anda sendiri? Prediksi apa yang menurut Anda akan terjadi di industri game untuk tahun 2013 ini?. What is your prediction?
ليست هناك تعليقات:
إرسال تعليق